"The story of humankind and our relationship to the earth may be seen as a continuing adventure or a tragedy shrouded in mystery. The choice is ours." — Al Gore, Earth in the Balance

Sabtu, 30 Oktober 2010

Cara Cerdas Menghargai Bumi

Posted by Chandra Pratama On 10.35 No comments


Banyak orang yang tidak menghargai Bumi seperti seharusnya,malah semakin merusak bentuk asli Bumi. Illegal Logging,Pemborosan Listrik,Penggunaan Bahan Bakar yang tidak ramah lingkungan,dan bahkan Perburuan Hewan Langka. Demikian adalah hal-hal yang dapat semakin mengancam kehidupan makhluk-makhluk di bumi,termasuk juga manusia. Tapi herannya,para pelaku illegal logging tidak memikirkan kelangsungan hidup mereka juga,bagaimana hidup anak-cucu mereka dimasa depan. Ini bukan masalah uang atau mobil mewah,melainkan masalah kelangsungan hidup umat manusia yang berarti bukan hanya disatu tampat atau negara,tapi seluruh Bumi menjadi terancam. Indonesia dan Brazil adalah "Paru-paru" Bumi masa kini,banyak cara cerdas untuk menghargai Bumi. Berikut Cara Cerdas Menghargai Bumi...

1. Reuse, Reduce, Recycle
Reuse, Reduce, Recycle adalah semboyan ajakan untuk menggunakan barang-barang dari bahan daur ulang,contohnya botol air minum yang dibuat dari sisa-sisa tutup botol air mineral bekas, atau tas hasil daur ulang kertas bekas. Penggunaan bahan daur ulang dapat mengurangi resiko pembuangan limbah plastik yang sulit melebur ditanah(memakan waktu kira2 100tahun-ICAN-)

2. Matikan listrik jika tidak perlu
Mematikan listrik saat tidak menggunakannya dapat mengurangi kontribusi Anda pada pemanasan global,kerlip merah penanda standby menunjukkan alat tersebut masih menggunakan listrik. Matikan jika tidak perlu!

3. Gunakan lampu hemat energi
Gunakan untuk mengurangi dampak pemanasan global,semakin banyak yang ramah lingkungan semakin baik keadaan bumi kita. :)

4. Hemat air
Gunakan air bekas cucian sayuran dan buah untuk menyiram tanaman,mandilah menggunakan shower karena mandi berendam merupakan tindakan yang tidak cerdas dalam membuang-buang air.

5. Hindari sebisa mungkin untuk tidak menggunakan listrik
Maksudnya adalah jangan menggunakan pengering pakaian pada mesin cuci jika bisa dilakukan dengan menjemur,itu salah satu contohnya. Anda sudah dewasa,pasti tahu apa yang saya maksud.



6. One Man, One Tree
Tanamlah setidaknya satu pohon dalam hidup Anda,itu berarti setidaknya ada 6.000.000 pohon baru diseluruh dunia.

7. Gunakan teknologi ramah lingkungan
Gunakan alternatif yang aman,seperti menggunakan benda yang bertenaga surya,kendaraan biodiesel atau gunakan benda yang dapat dicharg ulang.

8. Hemat kertas
Hematlah kertas Anda atau lebih baik gunakan notebook untuk mencatat.

9. Lindungi dan sayangi satwa langka
Sedikit bantuan Anda akan memudahkan kelancaran hidup satwa langka,jangan pelihara hewan langka dirumah,lebih baik serahkan ke pihak berwenang. Laporkan jika melihat,mendengar atau merasakan perburuan hewan di lingkungan Anda. Jangan takutm,hukum melindungi yang benar.

10. Jagalah ekosistem dan jagalah hutan
Ekosistem atau alam adalah hal terpenting dari suatu kehidupan,perbaiki ekosistem sekitar dan tetap jaga hutan kita dari illegal logging. Jangan biarkan mereka merampas kebahagiaan kita!



Tidak mudah memang melakukan semua itu,mulailah dari sekarang maka keturunanmu akan mengikuti. Kebaikan memang sulit dilakukan,tapi akan berdampak hebat dari pada keburukan yang mudah dilakukan.


-jangan biarkan keceriaan mereka menjadi sebuah tangisan-

originaly posting by (-ICAN-)

0 komentar:

Posting Komentar

1. Berkomentarlah sesuai etika yg berlaku
2. Jika ingin copy-paste,mohon cantumkan link posting