"The story of humankind and our relationship to the earth may be seen as a continuing adventure or a tragedy shrouded in mystery. The choice is ours." — Al Gore, Earth in the Balance

Sabtu, 30 Oktober 2010

Lindungi Orang Utan!

Posted by Chandra Pratama On 01.11 2 comments

Halo,ini posting pertama Saya untuk HijauMovement. Saya harap blog ini dapat membantu teman-teman untuk mengurangi dampak Pemanasan Global(Global Warming) dan juga menjaga lingkungan alam bumi Kita. :)
Salah satu hewan yang hampir punah adalah Orang Utan,Orang Utan(Pongo Pigmaeus) adalah hewan kelompok mamalia. Keberadaan Orang Utan kini sangat terancam,WWF-Indonesia melansir data penurunan populasi Orang Utan dalam 20 tahun terakhir yang mencapai 50 persen. Saat ini, habitat Orang Utan di seluruh Kalimantan tersisa 54 ribu dan di Pulau Sumatera 7.500 individu. Menurunnya populasi ini salah satu penyebabnya karena konservasi hutan alam dan perburuan untuk diperdagangkan.
Faktor lain yang menyebabkan punahnya Orang Utan adalah hilangnya habitat,habitat adalah tempat utama bagi suatu populasi untuk mencari makan,bertahan hidup ataupun berkembang biak.

Perburuan
Pontianak, Kalimantan Barat – Pada tanggal 7 dan 9 Juni 2010 WWF-Indonesia Program Kalimantan Barat, Kantor Putussibau, mendapat 3 laporan dari 1 orang masyarakat Dusun Ukit-Ukit (Desa Labian, Kecamatan Batang Lupar) dan 2 orang masyarakat Dusun Pinjauan (Desa Pulau Manak, Kecamatan Embaloh Hulu), bahwa telah terjadi penembakan terhadap orangutan sub-jenis Pongo pygmaeus pygmaeus. Lokasi penembakan terjadi di kawasan hutan Wong Jelia (hulu Sungai Labian), Desa Mensiau, Kecamatan Batang Lupar. Kasus tersebut terjadi pada tanggal 4 Juni 2010. Pelaku diduga adalah warga Dusun Ukit-Ukit yang berdasarkan informasi dari masyarakat sudah 3 kali terlibat kasus serupa, yaitu pada akhir tahun 2009, bulan Maret 2010, serta 4 Juni 2010 ini.(WWF-Indonesia)

Pembalakan Liar(Illegal Logging)
Pembalakan liar makin sering terjadi dihutan-hutan seluruh dunia,tak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia sendiri pembalakan liar 1.6 – 2.0 juta hektar per tahun.
Hutan Indonesia merupakan salah satu pusat keanekaragaman hayati di dunia, dimana Indonesia merupakan urutan ketiga dari tujuh negara yang disebut Megadiversity Country. Hutan Indonesia merupakan rumah bagi ribuan jenis flora dan fauna yang banyak diantaranya adalah endemik di Indonesia. Dalam, kenyataannya pemanfaatan hutan alam yang telah berlangsung sejak awal 1970-an ternyata memberikan gambaran yang kurang menggembirakan untuk masa depan dunia kehutanan Indonesia.
Untuk itu kita sebagai warga Indonesia juga harus ikut menjaga keasrian lingkungan kita dimana bukan hanya Polisi Hutan saja yang mengawasi,kitapun juga harus melindungi alam ini.
Laporkan ke WWF-Indonesia jika melihat atau mendengar Illegal Logging dikawasan sekitar Anda,untuk WWF-Indonesia bagian Kal-Bar Anda dapat menghubungi kenomor: 0561-734049/0561-712998 atau kekantor WWF-Indonesia bagian Kal-Bar: Jl. Akcaya 1 No. 9A Pontianak, Kalimantan Barat 78124.


-tentu kita tidak ingin kan jika kemesraan ini berlalu?-

(
-ICAN-)

sumber:WWF-Indonesia.

2 komentar:

@een: haha langsung dikomen. :D
terimakasih atas kunjungan anda..

Posting Komentar

1. Berkomentarlah sesuai etika yg berlaku
2. Jika ingin copy-paste,mohon cantumkan link posting