"The story of humankind and our relationship to the earth may be seen as a continuing adventure or a tragedy shrouded in mystery. The choice is ours." — Al Gore, Earth in the Balance

Minggu, 07 November 2010

Bersepeda,Manfaat bagi Bumi dan Tubuh

Posted by Chandra Pratama On 04.58 1 comment

Kondisi bumi kita kini semakin panas,sulit mencari area pepohonan teduh dikota-kota besar,contohnya Jakarta. Polusi juga semakin menyesakkan dada. Lebih parahnya lagi racun yang dikandung berupa Neurotoksin dalam polusi dapat menyebabkan cacat pada bayi dalam rahim,kanker rahim,merusak perumbuhan otak anak,menyerang saraf,mengganggu fungsi ginjal,saluran pencernaan,sistem saraf remaja,menurunkan fertilitas,aborsi spontan dan penyebab stress dan gila.
Dari sekian banyak cara mengurangi polusi ada satu cara yang sangat berpengaruh namun mudah untuk dilakukan,yaitu bersepeda. Dengan bersepeda setidaknya kita mengurangi
1200 ton polutan timbal per tahunnya yang berasal dari 5 juta knalpot. Selain mengurangi polusi udara,bersepeda juga sangat menyehatkan tubuh dan dapat mengurangi stres.
Naah,berikut adalah manfaat bersepeda yang dapat saya simpulkan:

Membakar Kalori
Bersepeda dapat dijadikan salah satu program untuk mengurangi berat badan dan menjaga kebugaran. Hanya dengan beberapa menit bersepeda dari rumah ke tempat tujuan kita 4-5 kali dalam sepekan, dapat mengurangi berat badan sekitar 5-6 kilogram dalam setahun. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mengurangi berat badan, tetapi belum mendapatkan cara yang tepat.

Mengurangi Stres

Bersepeda memberikan efek yang sangat besar pada perasaan dan suasana hati. Bersepeda dapat mengurangi stres, meningkatkan mood, menghilangkan depresi, dan memotivasi diri. Sebagai contoh dengan bersepeda kita bisa berpikir tentang banyak hal, merencanakan sesuatu atau berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Mengurangi Polusi
Bersepeda sangat baik bagi lingkungan. Bersepeda selain menyehatkan juga dapat mengurangi pemananasan global akibat polusi kendaraan bermotor sehingga dapat menyelamatkan lingkungan.

Mood (semangat)
Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan.

Mengurangi berat badan
Hanya dengan 15 menit bersepeda dari rumah ke kantor kita 5 – 6 kali dalam seminggu, kita telah berhasil mengurangi berat badan kita 11 pounds dalam satu tahun.

Manfaat untuk hati dan jantung
Bersepeda dan mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, untuk itulah kenapa bersepeda merupakan salah satu sarana untuk hidup sehat.
Hasil penelitian menyebutkan bersepeda dalam jarak yang pendek dan sering dilakukan akan mengurangi kematian kurang lebih 22%.

Kesehatan
Dengan bersepeda rutin setiap hari, akan melatih napas kita untuk bernapas lebih berkualitas dibandingkan dengan yang tidak memiliki hobi bersepeda. Bersepeda lebih efektif dibandingkan dengan senam aerobik, dan tentu saja lebih mengasyikan karena kita bisa melihat lingkungan sekitar.


Banyak banget kan manfaat dari bersepeda.. Dengan bersepeda kita dapat sekaligus menjaga kelangsungan lingkungan dan bumi kita.
Jadi,
nggak ada ruginya kan?
MARI BERSEPEDA...!

original posted by Ican,dikutip dari berbagai sumber

1 komentar:

Saya ada lagu anak-anak yang asyik dinyanyiin saat bersepeda. Bisa dinyanyikan kalau bersepeda dengan buah hati anda..Semoga bisa menambah semangat buah hati anda untuk bersepda.
Klik saja: http://lagu2anak.blogspot.com/2010/12/bersepda-lagu-anak-karya-kak-zepe.html

Posting Komentar

1. Berkomentarlah sesuai etika yg berlaku
2. Jika ingin copy-paste,mohon cantumkan link posting